Jadi Ibu Baru Kece

By | 5:57 AM Leave a Comment


Kenapa saya bilang kece? Ada makhluk hidup keluar dari rahim perempuan yang mampu terbuka sampai 10 sentimeter dan rahimnya bisa mengecil kembali, itu kece. Ngerasain kontraksi luar biasa sampe harus nahan ngeden sampai bukaan rahimnya sempurna, yang rasa sakitnya 10x lipat dari sakit perut karena masuk angin, itu kece. Harus ngejan sekuat-kuatnya, lebih kuat 5x lipat dari ngejan BAB, itu kece. Tangan, jari-jari,punggung, paha, betis, dan kaki yang pegal 6x lipat dari pegal after exercise setelah melahirkanitu kece. Ngerasain rahim dan anus yang dijahit sampai 32 jahitan tanpa bius sama sekali, setelah tadinya digunting bidan buat ngebantu bayi keluar dari rahim, itu kece. Yang setelah bayinya keluar, air susu bakal keluar dari dua buah puting ibunya ,yang bahkan nggak keliatan di mana lubang pengeluarannya, itu kece. Dan setelah saya alami sendiri, saya benar-benar merasa kece sebagai ibu *pose cantik*.

Perasaannya tuh beda banget deh setelah jadi Mahmubar alias Mamah Muda Baru ;). Campur-campur kayak gado-gado. Bahagia, bingung, lelah, ngantuk, khawatir, panik, bangga, nahan sakit, dan sensitif, alias senggol dikit bacok *beneran euy*. MAKANYA JANGAN SOK-SOK NASEHATI IBU BARU YANG BARU LAHIRAN. SOALNYA OTAKNYA MACAM KABEL KUSUT. Apalagi baru tahu sedikit ilmu soal merawat newborn, padahal bayinya udah launching. Nasehat atau apapun itu yang menggurui, jelas bikin kita sakit hati. Macam kayak disepelekan, diremehkan, dan sebagainya. Curhat bu? :p

Nah, kadang calon ibu baru sering bertanya-tanya nih. Kira-kira perubahan apa sih yang paling dirasakan setelah punya bayik lucu, imut dan menggemaskan. Hal-hal baru apa sih yang akan dialamin. Saya juga gitu soalnya. Waktu itu penasaran banget, ujung-ujungnya malah nebak-nebak sendiri, yang jawabannya malah menyeramkan, dan malah bikin setres. Padahal sih gak seperti yang dibayangkan kok. Jauh lebih menantang dan menghibur. Trust me! ;p

Nih, aku kasih apa aja poin-poinnya. Ini dari sudut pandang seorang HOUSEWIFES yang masih tinggal ma OPUNGNYA BAYI.
  • SIAP-SIAP PAMERIN TETEK KAMU IN EVERYWHERE. Gak peduli tempat, gak peduli waktu, selama bayi minta nyusu, kamu harus siap sediakan payudara kamu supaya dia gak kelaparan dan nangis kejer. Bersyukur kalau ada ruang menyusui, kamu bisa netekin sambil bincang-bincang cantik ma ibu-ibu lainnya yang juga lagi menyusui. Nah kalau gak ada ruang laktasi? Ya udah tutup muka aja lah ya. Awal-awal menyusui, agak segan sih takut diliatin cowok-cowok yang lagi lalu lalang, tapi lama-lama mindset kamu kebuka juga kok. Demi bayik ini. 
  • JAM TIDUR GAK JELAS. Bisa tuh ampe jam 5 subuh kamu gak bakal tidur, karena bayi nangis terus. Kamunya bingung kenapa dia nangis mulu, mulai deh galau dan drama, ASInya kurang apa. Padahal bayik lagi masa Growth Spurt (googling please). Kirain abis itu bisa bobo ampe jam 11 pagi, taunya newborn ampe usia 6 bulan, wajib dikasih mimik tiap 2 jam sekali. Mau gak mau kamu pun juga harus ikutin alur bobonya bayik. Pertamanya sih ngantuuuuukk banget, bawaannya pengen marah-marah, ngeluh. Tapi lama-lama (percayalah), kamu akan terbiasa sama jam tidur kayak gini. Malahan body kamu udah kebal dari rasa ngantuk.
  • MANAGE TIME PROPERLY. Terutama yang gak pake pembantu dan hanya ditemenin opung/ nenek/ oma hanya dalam 1 bulan pertama. Bayik tuh hobinya ngempeng dari payudara, didekap, dipeluk, digendong, diayun. Bayangkan kalau hampir 24 jam kerjaanmu hanya HARUS deket ma bayik terus, kapan nyuci bajunya, kapan nyetrikanya, kapan masaknya, kapan makannya?! Otomatis kamu jadi lebih harus tau kapan lakuin tugas yang ini, kapan harus ngerjain yang itu. Pokoknya kamu mesti sigap sebelum bayiknya bangun.
  • LEBIH SABAR. Ada kalanya tangisan bayik susah susah gampang ditebak. Udah disusuin, Eh, dianya malah nolak. Nangisnya pun malah tambah kencang. Berhubung emang bayiknya belom bisa ngungkapin apa kegelisahannya, kamu lama-lama akan maklum dan lebih bisa ngontrol diri buat nanggepin tangisan bayik dengan lebih lembut. Karena sekali aja kita keras atau malah balik teriak ke bayik, takutnya pas dia dewasa malah punya trauma sama apa yang kita lakuin di masa kecil dia.
  • 3/4 DARI LUAS TEMPAT TIDUR DIKUASAI SI KECIL. Percaya deh, ini pasti dialami semua ibu. Mau kamu taruh tuh bayi di pinggir kasur, 1-2 jam kemudian, dia pasti sudah ada di bawah ketiak kamu. Makin ke kiri atau ke kanan kamu, makin dia ikutin kamu sadar atau enggak. Karena bau kamu adalah bau ternyaman menurut bayi. Ini adalah momen paling lucu plus sweet menurut aku. Kesannya bayik nggak bisa hidup tanpa kamu :p
  • BERKALI-KALI GANTI POPOK, BAJU DAN CELANA BAYI. Kenapa cucian pakaian bayi itu banyak banget? Karena bayi itu kadang keringatan, gumoh ataupun muntah, bahkan pipis atau BAB yang langsung mengenai pakaiannya. Kalau gak diganti, takutnya bayi bisa masuk angin. Atau malah muncul biang keringat dan ruam popok. Nanti efeknya, malah ngerambat ke yang lain. Dia malah gak mau nyusu atau malah gak mau digendong, karena ngerasa gak nyaman.
  • RELA TIDUR MIRING. Lupakan keinginanmu untuk tidur telentang. Setelah 9 bulan hamil kudu bobo miring ke kiri, ternyata jadi ibu baru, kebanyakan juga harus bobo miring ke kiri ataupun ke kanan. Apalagi kalau milih nyusuin sambil bobo, posisi ini udah paling tepat. Kamu harus berhadapan dengan bayimu biar dia merasa hangat dan merasa terlindungi.
  • MELAKUKAN HAL YANG SAMA BERULANG-ULANG. Ibu baru pasti kerjaannya seputar bersihin pipis atau BAB bayi, gendongin bayi, ayun-ayun bayi sampai tidur, nyusuin, ajak maen bayi. Udah itu aja. Jangan bosen ya, karena kata bunda-bunda yang usia anaknya udah toddler, masa-masa ini sungguh dikangenin :")
  • GAK BISA KERJAIN HAL LAIN SELAIN NGURUS BAYI. Ada saatnya kamu harus 24 jam bareng bayi terus. Apalagi bayi yang suka ngempeng dari payudara kamu. Setiap areolanya terlepas, kalau gak kebangun, ya nangis. Belom kalau bayi lagi sakit, kamu harus jaga dia kayak emergency 24 jam. Tau-tau butuh dipeluk, dikompres pake air hangat atau skin to skin sama bayi. Makanya penting banget makan-makanan bergizi dan makan teratur biar kamu gak gampang sakit.
  • TIDUR DENGAN BAJU TERBUKA. Posisi nyusuin paling enak menurut aku adalah sambil tiduran. Kenapa? Karena menyusui itu seringkali membuat kita ngantuk dan otomatis tertidur. Katanya, pengaruh dari hisapan bayi yang bikin kamu relaks. Makanya jangan kaget, kalau bangun-bangun, posisi kamu macam posisi macam tak enak dipandang. :p
  • BANYAK NASEHAT SANA-SINI. Sebenarnya gak hanya ibu baru yang bakal di-judge atau dinasehati macam-macam. Selama masih hidup di dunia ini, kamu tentu gak bisa lepas dari topik obrolan orang. Padahal saat itu kondisi kamu belum pulih. Masih kerasa sakitnya bekas operasi sesar. Masih kerasa pegalnya badan setelah kontraksi dan ngejan berjam-jam. Bawaannya pasti sensi deh. How to face it? Kalau nasehatnya emang bikin lebih baik dan encourage yourself, advice-nya bisa dilakuin langsung. Tapi kalau udah ngeselin banget, terus kata-katanya meremehkan kamu, dan kebetulan nasehatnya gak sesuai sama cara didik yang kamu mau, senyumin aja atau iyain aja. Kadang mereka tuh nasehatin kamu hanya karena ingin berbagi pengalaman doang kok. Keputusan kan tetep di kamu. Yang penting kuping sama hatinya diajak sabar aja.
  • DAPAT KADO BANYAK. Senang juga ya dikasih kado. Prinsip aku sih, kalau barang yang dikasih itu pas banget dengan kebutuhan kamu, ya dipakai. Tapi kalau ternyata gak sesuai sama yang dibutuhkan atau dipengenin, jangan disimpen di lemari juga sih. Pasti deh ada aja perasaan gak enakan kalau kado dari orang malah dikasih ke orang lain, kesannya gak menghargai. Tapi menurutku, kadonya malah bisa dijadikan kado lagi ke ibu baru. Bukannya gak menghargai, tapi kata mama aku, berkat itu adalah perputaran. 
  • PANIKAN. Aku pribadi di minggu-minggu awal, paling panik kalau bayi udah tersedak atau muntah. Banyak ibu yang malah panik karena mengira ASInya kurang, padahal gak seperti itu faktanya. Makanya, penting banget kalau kamu harus cari tau sebelum mengalaminya. Sedia payung sebelum hujan. Bisa dari sumber manapun, mulai dari googling via internet dan juga jurnal atau buku yang penulisnya punya kredibilitas tinggi.
  • PENCIPTA LAGU BARU. Ini konyol sih. Meski kamu nggak punya bakat mencipta lagu, tapi pas punya bayik, sebait kalimat, kata-kata dan nada apapun langsung tercipta dan dinyanyikan gitu aja. Yang penting bayiknya diam, tenang dan menikmati suaramu yang aduhai itu. ;)
Nah, itu tadi poin-poin yang kebanyakan dialamin sama ibu baru. Itu pengalaman saat punya bayi newborn (0-3 bulan) yaa. Berbeda lagi yang dialami sama ibu baru yang bayinya udah beranjak usia 3 bulan ke atas. Nah, supaya nggak dikit-dikit gelisah, kamu juga bisa maen-maen ke Youtubenya dr. Tiwi. Aku sendiri sangat terbantu dengan adanya talkshow gratis via internet nih.


Tapi yang paling penting dari semua poin ini, adalah kamu melakukannya dengan bahagia. Capek, kadang kesal sih IYA BANGET. Tapi setiap melihat senyuman, ketawanya, bahkan tingkahnya dari hari ke hari yang ngalamin progress, kamu bakal bersyukur banget udah dipercayai Tuhan buat ngerawat bayi yang lahir dari kandunganmu. Seperti merasa jatuh cinta lagi. Jatuh cinta yang sempurna. 

Jadi, apakah kamu termasuk ibu baru? Let's process together!

Love and kisses,

Mamoy Riyanna, usia 3 bulan 6 hari. Lahir secara Normal dengan induksi.

0 comments:

Post a Comment